Ayung Avis

0
Penyebaran Flora Dan Fauna di Indonesia - Ayung Avis™ | Dikarenakan saya mendapat tugas untuk mencari tinformasi tentang persebaran flora dan fauna di indonesia, maka dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana persebaran flora dan fauna di seluruh Indonesia. Dalam menjelaskan artikel kali ini, pasti kalian sudah tau kan apa arti dari Flora dan Fauna? Jika belum tahu saya akan menjelaskannya secara singkat. Jadi pengertian dari Flora adalah tumbuhan dan pengertian dari Fauna adalah hewan. Saya akan membahas mengenai ciri-ciri, contoh spesies, dan wilayah persebaran flora dan fauna di Indonesia.

Flora di Indonesia


Berdasarkan pendekatan biogeografi, kekayaan hayati Indonesia dibagi atas dua kelompok, yaitu Indo Malayan dan Indo Australian. Daerah peralihannya ditandai dengan garis Wallace dan garis Lydekker. Kelompok Indo Malayan meliputi tanaman yang ada di Indonesia Barat, yaitu Sumatera, jawa, Kalimantan, dan Bali. Sedangkan kelompok Indo Australia meliputi tanaman yang ada di kawasan Indonesia Timur, yaitu Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Karakteristik flora di Indonesia Bagian Timur dan Flora di Indonesia Bagian Barat juga memiliki perbedaan. Berikut ini adalah perbedaan karakteristik flora di Indonesia bagian Barat dan Indonesia bagian Timur :

Flora di Indonesia bagian Barat


  • Banyak terdapat jenis meranti-merantian
  • Terdapat berbagai jenis rotan
  • Tidak memiliki gutan kayu putih
  • Memiliki jenis tumbuhan matoa (pometia pinnata) yangsedikit
  • Memiliki jenis tumbuhan sagu yang sedikit
  • Memiliki berbagai jenis nangka

Flora di Indonesia bagian Timur


  • Memiliki jenis meranti-merantian yang sedikit
  • Tidak memiliki rotan
  • Terdapat hutan kayu putih
  • Memiliki berbagai jenis tumbuhan matoa (khususnya di Papua)
  • Memiliki banyak tumbuhan sagu
  • Tidak terdapat jenis nangka.

Fauna di Indonesia


Berdasarkan tinjauan zoologi, Indonesia mempunyai perbedaan jenis fauna antara bagian barat, tengah, dan timur. Wallace membagi fauna di Indonesia menjadi 3 type, yaitu :

Fauna tipe Asiatis (Asiatic)


Fauna tipe asiatis ini meliputi fauna yang berada wilayah Sumatera, kalimantan, Jawa, dan Bali. Di wilayah ini terdapat banyak jenis fauna yang menyusui dan berukuran besar. terdapat banyak jenis kera dan ikan air tawar serta tidak banyak memiliki jenis burung berwarna.
Jenis fauna yang banyak ditemukan di wilayah ini antara lain orang utan, monyet proboscis, badak, harimau, rusa, burung heron, dan burung merak.

Fauna tipe Peralihan (Austral Asiatic) 


Meliputi fauna yang berada di wilayah Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara bagian Tengah. Di wilayah ini banyak terdapat hewan endemis.
Jenis fauna yang banyak ditemukan di wilayah ini antara lain babi, rusa, kuda, kuskus, anoa, dan komodo.


Fauna tipe Australis (Australic) 


Meliputi fauna yang terdapat di kepulauan Aru dan wilayah Papua. Di wilayah ini banyak ditemukan binatang menyusui yang berukuran kecil dan binatang berkantung.
Jenis fauna yang banyak ditemui di wilayah ini antara lain kanguru, burung cendrawasih, kakatua, nuri, kasuari, dan walabi.

Demikian pembahasan saya mengenai persebaran flora dan fauna di Indonesia. Semoga ertikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

sumber: carapedia.com

Post a Comment

Peraturan dalam berkomentar:
1. Harap menggunakan bahasa yang sopan.
2. Dilarang mengejek, menghina, atau pun SARA.
3. Dilarang SPAM komentar.

Jika terbukti melakukan hal-hal yang tercantum di atas, maka Admin tidak segan-segan untuk menghapus komentar Anda. Terima kasih.

 
Top