Pengertian Komunisme Kapitalisme, Chauvinisme, Sosialisme, dan Fasisme

Pengertian Komunisme Kapitalisme, Chauvinisme, Sosialisme, dan Fasisme - Ayung Avis | Karena mendapat tugas sekoah dari guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Maka saya ingin membaginya juga dengan para Blogger mania yang mendapatkan tugas yang sama pula. Untuk lebih jelasnya silahkan baca sendiri di bawah ini.

Pengertian Komunisme Kapitalisme, Chauvinisme, Sosialisme, dan Fasisme

Pengertian Kapitalisme

Kapitalisme adalah Sistem dan faham ekonomi (perekonomian) yang modalnya (penanaman modalnya, kegiatan industrinya) bersumber pada modal pribadi atau modal-modal perusahaan swasta dengan ciri persaingan dalam pasaran bebas.

Adapun pengertian kapitalis menurut G.G. Wells, yaitu kapitalisme adalah Suatu yang tidak dapat didefinisikan, tapi pada umumnya kita menyebut sebagai sistem kapitalis, sesuatu yang kompleks kebiasaan tradisional, energi perolehan yang tak terkendalikan dan kesempatan jahat serta pemborosan hidup”

Contoh:
  1. Amerika Serikat
  2. Inggris
  3. Jerman

Pengertian Komunisme

Komunisme adalah salah satu ideologi di dunia, selain kapitalisme dan ideologi lainnya. Komunisme lahir sebagai reaksi terhadap kapitalisme di abad ke-19, yang mana mereka itu mementingkan individu pemilik dan mengesampingkan buruh.Istilah komunisme sering dicampuradukkan dengan Marxisme. Komunisme adalah ideologi yang digunakan partai komunis di seluruh dunia. Racikan ideologi ini berasal dari pemikiran Lenin sehingga dapat pula disebut “Marxisme-Leninisme”.

Contoh Negara Penganut “Komunisme”:
  1. Republik Rakyat Cina (sejak 1949),
  2. Kuba,
  3. Korea Utara,
  4. Laos dan
  5. Vietnam.

Pengertian Sosialisme

Sosialisme (sosialism) secara etimologi berasal dari bahasa Perancis sosial yang berarti kemasyarakatan. Istilah sosialisme pertama kali muncul di Perancis sekitar 1830. Umumnya sebutan itu dikenakan bagi aliran yang masing-masing hendak mewujutkan masyarakat yang berdasarkan hak milik bersama terhadap alat-alat produksi, dengan maksud agar produksi tidak lagi diselenggarakan oleh orang-orang atau lembaga perorangan atau swasta yang hanya memperoleh laba tetapi semata-mata untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Contoh negara-negara Penganut “Sosialisme”:
  1. Uni Soviet (sekarang Rusia),
  2. Cina,
  3. Korea Utara,
  4. Vietnam.

Pengertian Chauvinisme

Chauvinisme adalah perasaan kebanggaan terhadap bangsanya yang berlebihan sehingga bangsa lain dipandang lebih rendah, paham seperti ini disebut chauvinisme.

Contoh Negara-Negara Penganut “Chauvinisme”:
  1. Italia (B. Mussolini),
  2. Jepang (Tenno Haika),
  3. Jerman ( Adolf Hitler).

Pengertian Fasisme

Fasisme adalah sebuah gerakan politik penindasan, Nama fasisme diambil daribahasa Italia, fascio, yang berarti “kelompok politik”. Sedangkan dari bahasa Latin, fascis, yang berarti seikat tangkai-tangkai kayu. Ikatan kayu ini, tengahnya membentuk dan pada zaman Kekaisaran Romawi dibawa di depan pejabat tinggi. Fascis ini merupakan simboldaripada kekuasaan pejabat pemerintah. Fascis ini melangbangkan otoritas sebuah kaum/golongan.

Sebuah kelas ideologi politik (dan rezim politik historis) yang mengambil nama dari gerakan yang dipimpin oleh Benito Mussolini yang mengambil alih kekuasaan di Italia pada tahun 1922. Mussolini ide-ide dan praktek langsung dan tidak langsung mempengaruhi gerakan politik di Jerman (terutama Partai Nazi), Spanyol (Franco Falange Partai), Perancis, Argentina, dan banyak negara-negara Eropa dan non-Eropa lainnya sampai ke hari ini.

Contoh negara penganut “Fasisme”:
  1. Jepang
  2. Jerman
  3. Italia

Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.
source: arbilandika.wordpress.com
Pengertian Komunisme Kapitalisme, Chauvinisme, Sosialisme, dan Fasisme Pengertian Komunisme Kapitalisme, Chauvinisme, Sosialisme, dan Fasisme Reviewed by Ayung on 9/26/2013 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.