Materi Kepemimpinan (Leadership)

Materi Kepemimpinan (Leadership) - Ayung Avis | Setelah mengikuti Pelatihan Dasar Kepemimipinan di salah satu tempat di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang Jawa Timur. Kali ini Ayung Avis akan share pengalaman materi yang telah didapat dari mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan. Materi kali ini tentang Kepemimpinan atau dalam bahasa Inggrisnya yakni Leadership. Sudahkah Anda jadi seorang pemimpin? Pertanyaan yang lumayan sulit untuk dijawab, karena Anda belum tau bagaimana menjadi seorang pemimpin. Untuk itu, tidak salahnya Anda telah berkunjung di artikel ini karena di dalam artikel ini akan membahas bagaimana menjadi seorang pemimpin. Langsung saja Anda baca materinnya di bawah ini.

Materi Kepemimpinan (Leadership) - Ayung Avis


Kepemimpinan / Leadership


 

Apa Kepemimpinan (Leadership)?

Kepemimpinan adalah suatu proses mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ketika kepemimpinan dilihat sebagai "Power" maka kata yang tepat untuk digunakan adalah "Action", karena intervensi.tindakan yang dilakukan oleh pemimpin membuat sesuatu terlaksana atau terjadi. Seandainya pun "Power" yang ada didelegasikan atau dilakukan "Empowering" (Sehingga timbul hasrat untuk bertindak pada diri anggota) fokusnya tetap pada membuat sesuatu terlaksana atau terjadi.

Pentingkah Kepemimpinan itu?

Jawabannya adalah PENTING!!! Karena:
  1. Tanpa kepemimpinan suatu organisasi cuma orang-orang dan mesing0mesin yang kacau balau.
  2. Kepemimpinan akan mampu mengubah sesuatu yang potensial menjadi kenyataan.

Dalam Teori Kepemimpinan

  1. Teori Genetik, pemimpin itu dilahirkan dan bukan dibentuk "Leaders are born and not made".
  2. Teori Sosial, pemimpin itu dibentuk dan bukan dilahirkan "Leaders are made and not born".
  3. Teori Ekologi, seseorang akan menjadi pemimpin yang baik manakala mempunyai bakat untuk itu [genetik]. Bakat tersebut dikembangkan lewat: pendidikan, latihan, dan pengalaman.

Konsep Kepemimpinan menurut Pak Harto

Mantan Presiden Soeharto menjelaskan tentang asas kepemimpinan Hasta Brata (Delapan laku kepemimpinan). Delapan laku tersebut antara lain:
  • Lir Surya (Matahari)
Dengan lambang ini diharapkan seorang pemimpin dapat berfungsi seperti matahari bagi yang dipimpin. Dapat memberi semangat, memberi kekuatan dan daya hidup bagi orang-orang yang dipimpinnya.
  • Lir Candra (Bulan)
Dengan lambang ini seorang pemimpin hendaknya berfungsi sebagai bulan, yakni membuat senang bagi anggotanya dan memberi terang pada waktu gelap. ketika dalam keadaan sulit, sang pemimpin mampu tampil untuk memberi jalan terang atau jalan keluar dari kesulitan.
  •  lir Kartika (Bintang)
Bintang adalah sebagai pedoman bagi pelaut atau pengarung samudra. Dengan lambang ini pemimpin hendaknya bertegun iman takwa, memiliki teguh pendirian sehingga menjadi pedoman dan panutan bagi rakyatnya yang mungkin kehilangan arah.
  • Lir Samirana (Angin)
Dengan lambang ini, diharapkan seorang pemimpin bersifat seperti angin, teliti,  tidak mudah dihasut. Dia harus "manjing ajur ajer" bergaul dengan rakyat lapisan manapun, guna mencari masukan untuk menetapkan kebijakan dan keputusan.
  • Lir Mega Mending (Awan Hujan)
Mendung memberi kesan menakutkan, tapi apabila hujan turun akan bermanfaat bagi bumi. Dengan lambang ini, pemimpin diharapkan dapat tampil berwibawa, namun keputusan dan kebijakan yang diambilnya hendaknya bermanfaat bagi yang dipimpinnya.
  • Lir Dahana (Api)
Seorang pemimpin tegas dan keras seperti api dalam menegakkan disiplin dan keadilan.
  • Lir Samudra (Laut atau Samudra)
Pemimpin berwawasan luas, sanggup menerima dan mendengar persoalan, menyaringnya dan membuat suasana menjadi jernih kembali tanpa ada rasa dendam.
  • Lir Bantala (Bumi)
Diharapkan pemimpin tidak hanya mau berada di atas, tetapi juga  bersedia di bawah. Sang pemimpin seolah-olah menjadi tempat pijakan, sentosa budinya, jujur dan murah hati bagi anak buahnya.
Dikutip dari Lilik Nurhayati, S.Sos., M.Pd.
Demikian artikel mengenai Materi Kepemimpinan (Leadership). Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.
Materi Kepemimpinan (Leadership) Materi Kepemimpinan (Leadership) Reviewed by Ayung on 11/26/2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.