Pengenalan Dasar Bahasa Pemograman Pascal

Pengenalan Dasar Bahasa Pemograman Pascal - Ayung Avis | Karena mendapat tugas dari sekolah, maka kali ini Ayung Avis akan share sebuah artikel tentang bahasa pemograman Pascal. Ini pertama kalinya Ayung Avis share tentang ilmu bahasa pemograman. Oleh karena itu, mari belajar dari pengenalan dasar terlebih dahulu tentang bahasa pemograman pascal. Dari sekian banyak bahasa pemograman yang telah diciptakan, terlebih dahulu belajar tentang bahasa pemograman yang umum dipakai di ilmu pendidikan di Indonesia yakni pascal. Sebelum itu, apa Anda sudah mengerti pengertian dari pascal? Berikut ulasan tentang bahasa pemograman pascal.

Pengenalan Dasar Bahasa Pemograman Pascal - Ayung Avis

Apa itu Pascal?

Terdapat banyak sekali sumber yang mendefinisikan tentang bahasa pemograman pascal. Berikut adalah hasil yang Ayung Avis dapat setelah berselancar di dunia internet tentang pengertian pascal dari beberapa sumber.

Dikutip dari id.wikipedia.org
Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu. 
Dikutip dari bayuzu.blogspot.com
Pascal adalah bahasa tingkat tinggi(High Level Languange) yaitu bahasa pemrograman yang mudah dipahami oleh bahasa manusia. Pascal merupakan bahasa yang terstruktur tersusun atas sejumlah blok.Blok-blok yang kecil selanjutnya dapat dapat dipakai untuk membuat blok yang lebih besar. Blok ini lebih dikenal dengan sebutan subprogram, yang dibedakan atas prosedur dan fungsi. Pascal Pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971.

Sejarah Pascal

Setelah mempelajari definisi pascal, Anda akan mempelajari tentang sejarah terciptanya bahasa pemograman pascal hingga dikenal sampai saat ini. Berikut sejarah terciptanya bahasa pascal dikutip dari buku Refrensi Pemograman Bahasa Pascal.

Sejarah perkembangan Pascal dimulai pada tahun 1960, yaitu ketika bahasa pemrograman ALGOL 60 digunakan sebagai algorithmic language yang digunakan untuk memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan komputer. Nama Pascal sendiri diambil dari nama seorang ahli matematika dan ilmu pengetahuan bangsa Perancis, yaitu Blaise Pascal (1623-1662). Niklaus Wirth dari Sekolah Teknik Tinggi Zurich - Swiss, menjadi terkenal sebagai perancang bahasa Pascal, compiler pertama yang dilaksanakan pada tahun 1970, kemudian direvisi pada tahun 1973 bersama K. Jensen. Kemudian pada tahun 1983 bahasa Pascal dapat dibakukan secara resmi dengan adanya Pascal Standard dari ISO.

Contoh Bahasa Pemograman Pascal


PROGRAM CariMin;
{Mencari Bilangan terkecil dari dua buah bilangan}
VAR
  x,y,min:integer;
BEGIN
  WRITE(‘Bilangan pertama : ‘);READLN(x);
  WRITE(‘Bilangan kedua : ‘);READLN(y);
  IF x>y THEN
    Min:=y
  ELSE
    Min:=x;
    WRITE(‘Bilangan terkecil : ‘,min);
END.


Sekian materi pengenalan dasar dari Ayung Avis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca. Terima kasih.
Pengenalan Dasar Bahasa Pemograman Pascal Pengenalan Dasar Bahasa Pemograman Pascal Reviewed by Ayung on 11/26/2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.