Cara Membuat Kontak Form di Blogger

Cara Membuat Kontak Form di Blogger - Ayung Avis

Cara Membuat Kontak Form di Blogger - Ayung Avis | Hello, bloggers! Akhirnya setelah sekian lama tidak memposting di blog Ayung Avis, sekarang penulis bakal memberikan sebuah tutorial tentang tutorial membuat sebuah halaman kontak pada blogger atau lebih tepatnya kontak form.

Form kontak merupakan pilihan lain bagi pengunjung blog yang ingin berkomunikasi secara privasi melalui pesan pribadi kepada penulis. Bisa berkomunikasi tentang hal-hal yang ingin diketahui atau semacamnya.

Form kontak ini memiliki beberapa nama berbeda, ada yang menyebutnya sebagai kotak saran, kontak kami dan sebagainya. Di Ayung Avis, kami menyebutnya layanan Contact.

Halaman Kontak Ayung Avis

Keuntungan menggunakan kontak form:

  1. Pengunjung dapat menyampaikan pertanyaan dengan topik dari salah satu artikel di blog anda dan jika anda dapat menjawab pertanyaan tersebut maka pengunjung akan merasa senang karena pertanyaannya dijawab dan mungkin pengunjung tersebut akan sering mengunjungi blog Anda.
  2. Pengunjung juga dapat memberi kritik dan saran dimana secara tidak lansung akan membuat Anda mengembangkan blog agar dapat lebih baik lagi demi kenyamanan pengunjung.
  3. Layanan contact person ini juga salah satu yang harus blog Anda miliki jika ingin di setujui oleh Google AdSense.
Walau terdapat keuntungan, menggunakan form ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya, penyalahgunaan oleh pengunjung yang kadang iseng mengirim pesan tidak penting, tidak jelas, ataupun pesan yang dapat membuat Anda marah. Tapi itu hanya bagi segelintir orang.
Cara membuat layanan Contact Us ada banyak macam. Bisa dibuat sendiri jika menguasai script HTML, atau juga menggunakan layanan gratis di internet ataupun menggunakan widget gratis dari blogspot.
Penyedia layanan ini pun terbilang banyak, salah satunya yang akan kita gunakan pada kesempatan ini. Kita gunakan layanan Contact Us dari 123ContactForm. Kita mulai saja membuatnya.

Tutorial membuat kontak form

1. Silahkan mengunjungi website 123ContactForm.com.
2. Selanjutnya silahkan membuat akun dengan cara mengklik tombol SIGN UP FOR FREE.
Halaman Awal 123ContactForm - Ayung Avis

3. Silahkan memilih layanan yang disediakan oleh 123ContactForm, dalam tutorial kali ini kami memilih layanan Basic karena tidak berbayar (FREE).

Pilihan Layanan Contact Form - Ayung Avis

4. Setelah itu silahkan mengisi form pembuatan akun dengan menggunakan email Anda dan password sesuai dengan keinginan Anda.
Membuat Akun di 123ContactForm - Ayung Avis

5. Setelah mendaftar maka secara otomatis diarahkan menuju halaman dashboard dan pada halaman tersebut silahkan memilih Contact & Lead Form.
Memilih Pilihan Form - Ayung Avis

6. Selanjutnya, silahkan mengedit kontak form dengan menggunakan tools yang berada di samping kiri sesuai selera Anda. Jika sudah silahkan mengklik menu Setting di bagian atas.

Mengedit Kontak Form - Ayung Avis

7. Setelah itu, Anda akan diminta untuk menotifikasi email jika ada yang menggunakan form Anda. Jika sudah melakukan perubahan, klik Save dan mengklik menu Publish di bagian atas.
Mengatur Notifikasi Email - Ayung Avis

8. Langkah terakhir, Anda tinggal salin kode scirpt HTML kontak formnya, klik pilihan Blogger yang ada di sebelah kiri, lalu copy code script HTML tersebut kedalam blog Anda.
Mendapatkan Kode Kontak Form - Ayung Avis
9. Untuk menaruhnya didalam blog. Anda bisa buat laman baru. Caranya, masuk ke dasbor blog Anda, lalu pilih Laman, buat Laman Baru dan pilih mode HTML. Paste script di atas lalu memberinya judul, misal Contact Us. 
Menaruh Kode Kontak Form di Blogger - Ayung Avis
Jika tak ingin pada laman ini ada kotak komentar, Anda bisa menghilangkannya dengan mengikuti langkahnya di sini. Sekarang, Anda sudah memiliki layanan kontak kami.

Semoga cara di atas bisa dimengerti dengan mudah. Jika masih memiliki pertanyaan, Anda bisa mengirimkan komentar di bawah artikel ini atau langsung mengirim pesan melalui layanan Contact.
Cara Membuat Kontak Form di Blogger Cara Membuat Kontak Form di Blogger Reviewed by Ayung on 4/18/2016 Rating: 5

7 comments:

  1. maksih artikelnya membantu banget yang tadinya ga bisa jadi bisa
    ST3 Telkom

    ReplyDelete
  2. Terimakasih informasinya . .

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat, bisa menambah pengtahuan. Ada juga Info Blog Review khusus di Blog LoveSpyco yang bisa menjadi referensi. Terima kasih..

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat, bisa menambah pengtahuan. Ada juga Info Blog Review khusus di Blog LoveSpyco yang bisa menjadi referensi. Terima kasih..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.