Tugas dan Fungsi Sistem Saraf Pusat Manusia

Tugas dan Fungsi Sistem Saraf Pusat Manusia - Ayung Avis | Fungsi utama dari sistem saraf pusat adalah untuk memilah-milah semua informasi yang diterimanya. Sistem kemudian menempatkan bersama informasi dalam rangka untuk mengendalikan tindakan dari tubuh manusia. Seiring dengan sistem saraf perifer yang terletak di berbagai organ dalam tubuh, sistem saraf pusat bertindak sebagai “kepala petugas kontrol” untuk semua fungsi tubuh. Itu dua bagian utama, otak dan sumsum tulang belakang, memiliki tanggung jawab mereka sendiri yang berkontribusi terhadap tugas umum sistem.

Tugas dan Fungsi Sistem Saraf Pusat Manusia - Ayung Avis

Otak adalah bagian dari sistem saraf pusat yang umumnya menerima dan memproses semua informasi dari tubuh. Itu terutama terdiri dari materi abu-abu dan putih. Materi abu-abu adalah di mana semua proses terjadi dan informasi berisi badan sel-sel saraf ‘dan bagian bercabang disebut dendrit. Materi putih, di sisi lain, bertindak sebagai pembawa pesan dan menghubungkan semua bidang materi abu-abu untuk membuat untuk proses informasi yang benar.

Selain dari materi abu-abu dan putih, otak lebih lanjut dibagi menjadi tiga bagian. Serebrum membentuk bagian terbesar dari otak dan bertanggung jawab untuk semua tindakan yang tubuh tidak sadar, seperti berjalan atau makan. Hal ini juga memberikan kita sensasi yang tepat ketika kita menggunakan lima panca indera kita. Medulla oblongata terletak di bagian belakang bertugas untuk mengontrol detak jantung, pernapasan, dan aliran darah. Untuk alasan ini, pukulan karate di dasar leher benar-benar dapat menyebabkan kematian seseorang.

Bagian ketiga dari otak adalah otak kecil, yang berperan untuk mengawasi koordinasi yang tepat dan postur. Itulah sebabnya ketika beberapa jalan-jalan manusia, kaki dan tangannya bergantian berayun bolak-balik untuk menjaga tubuh dalam posisi seimbang. Banyak teori telah muncul bahwa atlet dan musisi telah semakin mengembangkan otak besar karena pekerjaan mereka mengharuskan mereka untuk memiliki mata yang luar biasa dan koordinasi otot.

Otak mungkin menjadi “pusat pengolahan” dari sistem saraf pusat, tetapi tanpa sumsum tulang belakang, otak tidak akan memproses informasi sama sekali. Sumsum tulang belakang adalah saluran di mana semua informasi dari sistem saraf perifer perjalanan. Dalam krisis, otak juga dapat mengirim informasi melalui tulang belakang ke organ tubuh untuk beradaptasi dengan cedera. Seperti otak, sumsum tulang belakang juga terbuat dari materi abu-abu dan putih. Sistem saraf pusat pada dasarnya terdiri dari sel-sel saraf yang semuanya bertanggung jawab atas semua yang terjadi di dalam tubuh.
source: www.sridianti.com
Tugas dan Fungsi Sistem Saraf Pusat Manusia Tugas dan Fungsi Sistem Saraf Pusat Manusia Reviewed by Ayung on 4/29/2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.