Cara Menulis Notulen Rapat Yang Baik

Cara Menulis Notulen Rapat Yang Baik - Ayung Avis | Yoo selamat pagi sobat Berbagi Info. Di pagi ini saya akan memberikan informasi khusus bagi para pecinta rapat hahaha. Umumnya saya akan memberikan informasi bagi sekretaris rapat yang mana kala itu sedang mengadakan rapat untuk perisapan sebuah kegaitan atau acara yang akan diselenggarakan.

Dalam sebuah organisasi, pasti mengadakan berbagai progam kegiatan tahunan. Lah untuk membuat progam itu berjalan dengan yang diharapkan, maka pasti ada yang namanya rapat persiapan kegiatan bukan? Di setiap rapat yang diadakan kita harus tau apa saja makna dan isi rapat yang sudah dilakukan. Ini adalah tugas dari sekretaris rapat, yakni mencatat semua isi dari setiap rapat tersebut. Dari anggota yang hadir di rapat, waktu dan tempat pelaksanaan rapat, pemimpin rapat, dan yang paling penting inti dari rapat tersebut. Oke langsung saja, berikut akan saya berikan informasi mengenai pengertian notulen, tugas dan fungsi notulen, dan contoh penulisan notulen.

Cara Menulis Notulen Rapat Yang Baik - Ayung Avis

Pengertian Notulen

Notulen adalah sebuah catatan tentang perjalanan suatu kegiatan baik rapat, seminar, diskusi, atau sidang yang dimulai dari awal sampai akhir acara yang ditulis oleh seorang Notulis, yang akan dilaporkan oleh Ketua Kegiatan, dan akan dipertanggung jawabkan suatu saat pada seluruh anggota atau peserta acara.

Notulen adalah naskah dinas yang membuat catatan jalannya acara (kegiatan) mulai dari pembukaan, pembahasan masalah, sampai dengan pengambilan keputusan, serta penutupan.

Notulen sekurang-kurangnya berisi:
  • Tujuan kegiatan
  • Pikiran-pikiran yang akan dibahas dalam kegiatan
  • Saran dan keputusan dalam kegiatan
  • Waktu pelaksanaan
  • Pihak-pihak yang hadir dalam kegiatan.

Tugas dan Fungsi Notulen

Notulen dapat diartikan sebagai rangkuman yang singkat, sistematis, padat dan menyeluruh dari suatu kegiatan rapat atau sidang. Notulen sendiri memiliki fungsi yang tentunya sangat penting dalam kegiatan rapat, karena disinilah semua kegiatan rapat akan dibuktikan secara tertulis, berikut beberapa fungsi notulen:
  • Notulen dapat digunakan sebagai bukti tertulis bahwa rapat telah dilaksanakan.
  • Notulen dapat digunakan sebagai tolak ukur sukses atau tidaknya pelaksanaan rapat. Dan juga digunakan untuk acuan pelaksanaan kegiatan yang dihasilkan dari hasil keputusan rapat.

Contoh Notulen Rapat

Notulen Rapat Persiapan Penyelenggaraan
Seminar SMA Negeri SukaMaju

I. Pelaksanaan Rapat
Hari: Rabu
Tanggal: 03Juli 2013
Jam: 09:00
Bertempat: Sekretariat OSIS SMA NEGERI SUKA MAJU
Materi rapat: "Membicarakan Penyelenggaraan Seminar dengan Tema “Refleksi Kemerdekaan RI bagi Nasionalisme Pemuda"

II. Keanggotaan Rapat
Pimpinan rapat: A. Kampiri M.Pd
Notulis: A.Griya Riskiullah
Hadir: 18 Orang
Terdiri atas:
  1. Kepala Sekolah
  2. Anggota OSIS/MPK sebanyak 17 orang
Tidak Hadir: Tidak Ada

III. Acara
  1. Pembukaan.
  2. Pengarahan dan Informasi Umum Kepala Sekolah.
  3. Membicarakan tentang Penyelenggaraan Seminar dengan Tema "Refleksi Kemerdekaan RI bagi Nasionalisme Pemuda".
  4. Pertanyaan.
  5. Tanggapan pertanyaan.
  6. Penutup. 
IV. Risalah Pembicaraan

Acara ke 1
Pukul 09.00 rapat dibuka oleh Pimpinan rapat.
Sekretaris membacakan para peserta rapat yang hadir dan tidak hadir.

Acara ke 2
Pimpinan rapat menjelaskan tentang:
  • Pelaksanaan Penyelenggaraan Seminar.
  • Tema kegiatan.
Acara ke 3: Pertanyaan
Andi Baso Ikbal: Kapan Pelaksanaan Seminar ini?
Nurkamariah: Sumber dana kegiatan ini dari mana?
Visna Virfiyani: Apakah dengan mengambil dana dari luar sekolah, yaitu perusahaan, toko atau sponsor itu sudah baik? karena sudah kita ketahui bersama bahwa kegiatan kita sebelumnya yaitu, Lomba Basket Se-SUKA MAJU dan Pameran Kreatifitas Siswa telah mendapatkan dana dari perusahaan, toko dan sponsor. Jangan sampai sekolah kita dianggap sebagai "Pengemis".

Acara ke 4: Tanggapan pertanyaan
Tanggapan pertanyaan Andi Baso Ikbal: Pelaksanaan kegiatan seminar kita ini yaitu pada tanggal 25 Agustus 2013 karena sesuai dengan tema seminar ini yang mengandung unsur nasionalisme.
Tanggapan pertanyaan Nurkamariah: Sumber dana dari kegiatan ini dari kas OSIS dan Komite sekolah, tapi karena dana dari sekolah tidak mencukupi. Maka kita harus mengambil dana dari luar sekolah, yaitu perusahaan, toko, atau Sponsor.
Tanggapan pertanyaan Visna Virfiyani: Itu memang benar, dan akan kita usahakan nanti untuk tidak mengambil dana dari tempat yang sudah didatangi. Tapi, kita tetap akan berbicara dengan pihak sponsor kegiatan sebelumnya, karena mereka telah menyatakan bahwa mereka siap membiayai kegiatan kita berikutnya apabila kegiatan tersebut menguntungkan baginya. Dan menurut saya apabila kegiatan kita memang menarik dan menguntungkan bagi donatur, kenapa kita harus takut untuk meminta partisipasi dari mereka. Yang jelasnya kita harus lebih cerdas dalam memilih donatur yang ingin kita mintai bantuan.

Acara ke 5: Kesimpulan
Kegiata seminar kita ini bertemakan "Refleksi Kemerdekaan RI Bagi Nasionalisme Pemuda".
Kegiatan seminar ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2013.
Sumber Dana kegiatan ini dari kas OSIS/MPK, donatur dan sponsor.

Acara ke 6: Penutup
Tepat pukul 11.30 rapat di tutup oleh pimpinan rapat dengan mengucapkan terima kasih.


Sengakang,
Notulis
Cara Menulis Notulen Rapat Yang Baik Cara Menulis Notulen Rapat Yang Baik Reviewed by Ayung on 4/27/2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.