Kelebihan dan Kekurangan Bahasa C

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa C

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa C - Ayung Avis | Setelah mempelajari tentang pengertian dari bahasa pemrograman C pada artikel Mari Kenal Bahasa Pemrograman C.Selanjutnya saya akan share mengenai kelebihan dan kekurangan dari bahasa C. Nah sebelum belajar lebih mendalam tentang bahasa C, memang sebaiknya kita juga harus tau sebenarnya apa saja kelebihan dan kekurangan dari bahasa yang akan kita pelajari. Untuk itu mari simak artikel berikut.

Kelebihan bahasa C

Bahasa C memiliki beberapa kelebihan dari bahasa pemrograman lain. Simak beberapa kelebihan dari bahasa C di bawah ini:

1. Bersifat portable
Bahasa C memiliki sifat portable. Portable dalam hal ini berarti bahwa bahasa C yang ditulis di satu komputer, bisa dipindahkan di komputer lain tanpa mengotak-atik, atau jika diperlukan untuk mengotak-atik, tidak muncul kerumitan dalam memodifikasinya.

2. Lebih mudah dipahami
Bahasa C lebih mudah dipahami. Hal ini memudahkan pemrogram karena ia tak perlu memahami seluruh komponen komputer secara utuh. Selain itu, bahasa C ini memiliki orientasi pada masalah bukan pada mesin. Sehingga jika ditemukan kesalahan pada program, ia akan lebih cepat menyelesaikannya.

3. Banyak struktur
Bahasa C dilengkapi dengan banyak sekali struktur data dan pengendalian proses. Bahasa C memiliki struktur bahasa yang baik sehingga mampu dengan mudah dipelajari dan dapat dengan mudah pula diketahui kesalahan dari sebuah program. Selain itu juga memudahkan dokumentasi sebuah program.

4. Tersedia hampir di semua jenis komputer
Bahasa C terdapat hampir di semua jenis komputer. Mulai dari komputer mikro,makro, hingga komputer mini. Ini menjadi salah satu kelebihan karena bahasa ini menjadi bahasa yang awam digunakan dan proses mempelajarinya pun menjadi lebih mudah bagi sebagian pemrogram yang masih pemula.

5. Manipulatif
Bahasa C memiliki kemungkinan untuk memanipulasi data. Hal ini tentu akan membuat pemrogram bisa memanipulasi data dari bentuk bit ke byte atau memanipulasi sebuah alamat dari data atau pointer yang ada.

Kekurangan bahasa C

Adapun kekurangan yang dimiliki oleh bahasa C dari bahasa pemrograman yang lain. Simak beberapa kekurangan dari bahasa C di bawah ini:

1. Terlalu fleksibel
Bahasa C yang terlalu fleksibel dan memiliki banyak operator membuat penggunanya kebingungan. Karena saking banyaknya operator, bagi sebagian orang yang baru pertama kali menggunakan bahasa C akan kesulitan untuk beradaptasi.

2. Pointer
Dalam bahasa C, pointer adalah satu bagian yang paling penting. Dalam bagian ini orang yang menggunakan bahasa C bisa menggunakannya dengan baik dan maksimal. Akan tetapi, banyak sekali pengguna yang masih belum paham akan kegunaan pointer dan bagaimana cara menggunakannya.

Demikian artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan dalam Bahasa C. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran, bisa menuliskannya di komentar di bawah artikel ini atau melalui halaman Contact. Terima kasih.

sumber: dosenit.com
Kelebihan dan Kekurangan Bahasa C Kelebihan dan Kekurangan Bahasa C Reviewed by Ayung on 4/26/2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.