Mari Kenal Bahasa Pemrograman C

Mari Kenal Bahasa Pemrograman C - Ayung Avis

Mari Kenal Bahasa Pemrograman C - Ayung Avis | Halo sobat bloggers! Sebelumnya setelah memposting beberapa artikel mengenai tutorial blogger, nah selanjutnya saya akan sharing mengenai salah satu bahasa pemrograman tingkat lanjut yaitu C. Apa sih itu C? Lalu fungsinya buat apa sih? Kelebihannya apa sih? Nah semua pertanyaan itu bakal terjawab di artikel ini sobat bloggers. Yuk mari simak artikel di bawah ini.

Apa itu bahasa C?

C (bahasa pemrograman) merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat lanjut untuk komputer. C dibuat oleh Dennis Ritchie pada tahun 1972 untuk sistem operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. C bisa dipakai untuk mengembangkan sebuah software (perangkat lunak) aplikasi, namun C lebih diutamakan untuk memprogram sistem dan jaringan komputer. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia.

Bahasa C mempunyai kemampuan lebih dibanding dengan bahasa pemrograman yang lain.  Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang bersifat portabel, yaitu suatu program yang dibuat bahasa C dalam suatu komputer akan dapat dijalankan di komputer lain dengan sedikit (atau tanpa perubahan) ada perubahan yang berarti.

Bahasa C merupakan bahasa yang digunakan untuk pemrograman sistem, antara lain untuk membuat:
  1. Assembler
  2. Interpreter
  3. Compiler
  4. Sistem operasi
  5. Program bantu (utility)
  6. Editor
  7. Paket program aplikasi

Kerangka dasar bahasa C

Bahasa pemrograman C sama seperti bahasa pemrograman lainnya yang memiliki kerangka dasar.  Kerangka dasar bahasa C adalah sebagai berikut:
1. Fungsi main()
Fungsi main() merupakan fungsi utama yang wajib ada pada setiap program yang kita buat dengan menggunakan bahasa C. Dalam sebuah project hanya boleh terdapat satu buah fungsi main() saja. Namun dalam bahasa C tidak membatasi pengguna untuk menggunakan satu fungsi main() saja tetapi kita juga bisa menggunakan fungsi-fungsi lain selain fungsi main() yang bisa mempermudah kita dalam membuat program dan bisa mengurangi konsumsi memori.

2. Deklarasi variabel
Pendeklarasian variabel dilakukan untuk mendaftarkan variabel apa saja yang dibutuhkan dalam suatu program yang kita buat. Pendeklarasian variabel ini diharuskan untuk mencantumkan langsung tipe data dari variabel tersebut.

3. Perintah (statement)
Perintah merupakan deretan program dalam suatu project.

4. Akses library
Digunakan untuk mengakses library apa saja yang kita perlukan dalam membuat suatu program.

5. Komentar
Komentar merupakan sebuah catatan kecil yang dituliskan oleh programmer (pembuat program) yang mana komentar ini tidak termasuk dalam proses compile.

Demikian artikel mengenai mengenal lebih dekat dengan bahasa pemrograman C. Baca juga Kelebihan dan Kekurangan dari Bahasa C. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, jika ada yang ditanyakan silahkan bertanya melalui komentar di bawah atau bisa juga menghubungi saya melalui halaman Contact.
Mari Kenal Bahasa Pemrograman C Mari Kenal Bahasa Pemrograman C Reviewed by Ayung on 4/20/2016 Rating: 5

1 comment:

  1. saya sangat tertarik dengan tulisan anda, saya juga mempunyai tulisan sejenis
    yang mungkin anda juga tertarik, anda bisa mengunjunginya di klik disini terima kasih.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.